Senin, 13 Februari 2012

Cara membuat Ghost XP suport semua Motherboard

Ghost-ghost-an Windows XP normal umumnya akan gagal dikloningkan pada komputer lain karena masalah hardware / driver, namun dengan

metode ini kita bisa memecahkan masalah tersebut

Untuk membuat image ghost universal sebetulnya caranya sangat m


udah, kita hanya butuh dua aplikasi utama yaitu SPAT (System Preparation Assisted Tool) dan Skydriver atau easy driver dari sky123.org

SPAT akan membuat Windows berkonfigurasi tertentu dan membuat skydriver atau Easydriver sebagai pendeteksi driver yang dibutuhkan dan menginstallnya otomatis saat pertama kali booting dari hasil ghost-ghost an (dan Windows induk pun terkena nasib yang sama, sehingga semua driver yang sudah diinstall akan dihapus dan dihilangkan otomatis oleh SPAT). Sehingga setelah ujicoba ini Windows pun saat di restart akan seperti ghost-ghost an, akan melakukan setup mini terhadap driver yang telah dihapus.

Langkahnya :

1. Install (konfigurasikan) Windows XP anda sebaik mungkin dan selengkap mungkin seperti yang anda inginkan. Dan hapus file yang tidak berguna. Untuk aplikasi driver tidak masalah diinstall atau belum.

2. Download dua aplikasi yang dimaksud. SPAT download disini , dan Easydriver disini . atau disini untuk windows 7











3. Ekstrak SPAT dimana saja boleh, tapi untuk Easydriver harus di C:\Sysprep, buat folder "Sysprep" pada C:\ atau rename saja folder

ekstrakan easydrivernya dengan "Sysprep".

4. Siapkan gambar background setup yang akan tampil pada saat image ghost pertama diboot dan sysprep melakukan installasi mini. Misal setup.jpg (bisa 800x600 atau 1024x768 24 bit format jpg). Taruh gambar itu pada folder C:\Sysprep (jika anda ingin mengganti gambar, jika tidak tidak masalah)

5. Jalankan SPAT*.EXE. Kita menuju ke menu tab "General" dan pilihlah "select all". Klik pada "Background picture" dan pilih setup.jpg yang sudah disiapkan (C:\Sysprep\setup.jpg).

6. Masuklah pada tab "Interface" dan pilihlah "Run before mini-setup" dan pastikan anda menambahkan C:\Sysprep\Easydrv.exe (setup….atau nama semisalnya dari Skydriver atau easydriver).

7. Masuklah ke tab "Reseal" dan pilihlah/centang hal-hal yang anda sukai.

8. Kembali ke tab "General" dan klik "sysprep".

9. Sysprep akan bekerja 2 - 5 menit, biarkan hingga berhenti sendiri dan window nya hilang sendiri. Setelah selesai tunggu sekira 1 menit, lalu Shutdownlah Windows anda. Siapkan booting dari CD atau USB yang ada Norton Ghost atau aplikasi kloning lainnya (misal Hiren'sboot cd atau True image ).

10. Pada saat itu posisi drive C:\ siap di kloning dan simpan hasilnya pada drive lain. Image ghost nya bisa dijadikan master windows semua pc dan laptop / netboot yang mendukung Windows.

Sekarang langkah selanjutnya yaitu membuat Image dengan Norton Ghost, selengkapnya klik disini.


Kalo Sukses or masih bingung komen aja iiah!!


_____________________________

sumber referensi : boloplekcd.blogspot.com

----------------------------------------------------------





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. Klik link "Subscribe by email" untuk mengetahui balasan komentar/pertanyaan. Jika ingin bertanya orberdiskusi lebih mendetil & efektif, kunjungi Forum Kami. Lihat cara gabung forum untuk infonya. NO SPAM, No Links, No SARA, No P*RNO!..

Next Prev home